Monday, August 12, 2013

Multi LCD dengan 1 Mikro

Multi LCD dengan 1 Mikro

selamat pagi semuanya, sebelumnya saya ditanya di sebuah group di facebook tentang aplikasi yang menurut saya menarik yang referensinya di http://www.hackmeister.dk/2010/08/4-lcd-displays-on-1-arduino/ . Disana saya lihat penggunaan beberapa lcd dalam 1 sistem mikrokontroller. 

ah.. padahal kalau lihat datasheet lcd ini di mungkinkan tanpa ada gangguan di sisi elektroniknya tapi ketika kita masuk dalam bahasa programnya. ini baru masalah.. kebanyakan dari bahasa program yang kita gunakan bertumpu pada kemudahan library LCD ini tukarannya untuk kemudahan adalah keterbatasan manipulasi kemampuan LCD. meskipun di mungkinkan tapi disisi lain kita di batasi bahasa program, sedangkan arduino menawarkan library yang lebih bebas dari kebanyakan kompiler karena aplikasinya yang tidak umum.

saya sendiri pengguna bahasa pascal dengan compiler dari mikroe hal ini juga terjadi dengan saya, batasan di library dan malas belajar dan membuat library baru. jadi di sini saya berbagi hasil modifikasi mikrokontroller sehingga dengan library yang sama saya bisa melakukan hal seperti di sebutkan di atas.

dengan memanfaatkan interupsi eksternal saya memanipulasi pin EN agar dapat mengendalikan beberapa LCD, g usah panjang lebar langsung aja lihat gambar simulasinya

gambar rangkaian simulasi

kunci dari rangkaian ini adalah pin yang di deklarasi library LCD_EN : sbit  at PORTD3_bit; di jumper langsung ke int0 dan jadi signal en akan membangkitkan interupsi dan akan di tentukan bahwa data/ tulisan itu mau muncul di lcd mana

tapi untuk lebih jelasnya silahkan download saja file lengkapnya di sini  ; untuk simulasi saya gunakan proteus 7.8 dan compiler mikro pascal. silahkan menikmati suguhannya. jika ada pertanyaan masukkan di comment 

No comments:

Post a Comment