Thursday, May 4, 2017

Program Jadwal sholat

Program Jadwal Sholat


Assalamu'alikum wr wb,

Kali ini saya akan membagikan Program jadwal sholat yang berbasis koordinat posisi sehingga mudah2an bisa menjadi gambaran teman - teman untuk mengembangkan lebih lanjut.

saya mendapatkan file di internet yang di bagikan free yang Disusun oleh DR. Rinto Anugraha, dosen Fisika UGM (rinto74@yahoo.com). saya menterjemahkan perhitungan tersebut kedalam bahasa program pascal yang di pakai untuk mikrokontroller sehingga bisa di buat alat aslinya.

dalam file yang saya sertakan sudah dengan listing, file simulasi, file firmwarenya (HEX) sehingga memudahkan teman2 untuk membuatnya.

tentunya rangkaian ini belum sempurna jelas yang saya harapkan adalah file ini akan terus di kembangkan dan terus di share secara free juga sama seperti bapak rinto yang membagikannya secara free

adapun penjelasan secara singkat adalah alat ini di beri perintah dari port serial berupa kode perintah sehingga modul dapat menjawab apa yang di butuhkan, berikut adalah list perintahnya


yang perlu di ingat adalah agar menset waktunya dulu sesuai dengan keadaan real dan juga ada variable hari , hari senin di anggap nilai 1 dan minggu adalah 7 jadi sangat perlu untuk lihat penanggalan asli supaya tidak salah perhitungannya

silahkan di lihat contoh di bawah :


nah setelah di set hanya cukup tulis "[x]" seperti contoh berikut


nah simple kan begitu juga dengan perintah2 yang lain sesuai dengan list perintah yang di berikan 

nilai - nilai yang di masukkan saya sesuaikan dengan kolom kuning pada file excel yang saya lampirkan yang telah di susun oleh DR. Rinto Anugraha 

mudah - mudahan teman bisa mengembangkan lebih lanjut untuk aplikasi lainnya selamat mencoba

untuk file lengkapnya bisa teman - teman download di sini

saya tidak membuka tanya jawab masalah program ini karena terlalu panjang silahkan teman2 pelajari dari yang sudah ada saya memakai mikropascal untuk kompiler program mikrokontroller nya dan proteus sebagai simulasinya 


No comments:

Post a Comment